Batik dan Pariwisata

Dunia pariwisata Indonesia tidak dapat dilepaskan dari batik, terlebih sejak dikukuhkannya batik sebagai warisan budaya dunia asli Indonesia. Batik telah begitu banyak digunakan, sangat populer, dan menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia. Batik kerap digunakan pada hari atau acara tertentu oleh seluruh komponen industri pariwisata di Indonesia.

Keberadaan batik di Indonesia sangat menunjang industri pariwisata. Kita dapat menemukan batik di setiap tempat wisata, meskipun batik sendiri bukan komponen utama untuk pariwisata di daerah tersebut. Misalnya saja di Bali, kita dapat dengan mudah menemukan batik di berbagai tempat; dari bandara, hotel, rumah makan, pakaian para pelayan, suvenir, perabotan, berbagai atribut di tempat wisata, dan lain-lain. Batik telah ikut membantu memperkenalkan pariwisata Indonesia di mata dunia.

Dengan berbagai atribut batik tersebut, mau tidak mau para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing, teringat akan batik. Ingat batik berarti ingat Indonesia. Secara tidak langsung, ini akan membantu promosi pariwisata Indonesia ke wisatawan asing di luar negeri. Ikon penggunaan batik di Indonesia pasti sangatlah khas dibandingkan dengan penggunaan batik-batik di negara lain.

Dan bila batik menjadi atribut yang ada di kota-kota batik, para wisatawan tidak hanya melihat dan menikmati pemandangan tentang batik, tetapi mereka juga dapat mengenal batik dengan lebih dekat. Mereka dapat berkunjung ke museum batik dan mengetahui sejarah perbatikan, mengenali proses dan cara membatik, berbelanja batik dengan harga yang lebih murah dan kualitas terbaik, dan berbagai macam hal yang berkaitan dengan batik. Dengan demikian, mereka akan lebih mengenali batik yang di dalamnya terdapat berbagai nilai-nilai dan makna filosofis yang adiluhung.

Pengenalan batik untuk mempopulerkan pariwisata Indonesia tidak hanya dilakukan di dalam negeri, namun juga gencar dilakukan di luar negeri. Berbagai element mulai dari pemerintah, pengusaha, dan masyarakat Indonesia di luar negeri juga ikut menggunakan batik sebagai sarana mempromosikan Indonesia, terutama bidang pariwisata.

Di berbagai perwakilan Indonesia di luar negeri, tidak jarang diadakan kegiatan yang bersifat mengenalkan batik dan pariwisata dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan asing ke Indonesia. Pengenalan-pengenalan tersebut sering pula dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri.

Batik telah menjadi salah satu identitas Indonesia yang dapat digunakan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Batik yang khas Indonesia sangat memudahkan orang asing mengingat segala sesuatu tentang Indonesia. Batik membuat orang yang awalnya sama sekali tidak tahu tentang Indonesia ingin berkunjung ke Indonesia. Mungkin tujuan awal mereka ke Indonesia hanya untuk mengenal batik secara intensif, tetapi tidak jarang kemudian mereka meneruskan perjalanan wisata batiknya ke tempat-tempat wisata lain di Indonesia.

Hal ini jelas sangat menguntungkan dunia pariwisata Indonesia karena pada umumnya, sekali orang asing berkunjung ke Indonesia, mereka akan datang lagi di lain waktu dengan rombongan yang lebih besar. Ini bisa terjadi karena mereka terpikat dengan Indonesia yang begitu indah, ramah, memukau, dan penuh kebudayaan yang tiada bandingnya.

Selain batik, berbagai tari-tarian asli Indonesia yang menggunakan pakaian adat juga turut membantu perkembangan pariwisata Indonesia. Masih ditambah lagi berbagai macam ritual dan upacara adat.

Batik tidak dapat dilepaskan dari masyarakat Indonesia dan keberadaannya pun telah membantu kemajuan dunia pariwisata Indonesia. Pariwisata Indonesia memang tidak bergantung pada keberadaan batik, namun pengakuan dunia internasional atas batik sebagai warisan budaya asli Indonesia telah mendorong industri pariwisata Indonesia berkembang pesat dengan menggunakan batik sebagai pendukungnya.

www.BatikSolo.asia

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s